Sabtu, 26 Februari 2011

Instansi "Drakula" Pemerintah dan Para "Abdi Negara" nya.

Dalam keseharian kita pasti sering berkutat dengan instansi pemerintah, mulai dari pembuatan KTP sampai pengurusan surat lainnya. Pada teorinya, instansi pemerintah dibuat untuk memudahkan berbagai pengurusan administrasi tanpa menyusahkan masyarakat. Tapi pas udah dilapangan...Beuhhh.....
Jangan ngarep kita ngga kena istilah "birokrasi yang membelitkan". Contoh mudahnya aja waktu ngurus KTP yang "seharusnya" kita ngga kena pungutan biaya sama sekali dan bisa jadi dalam waktu maximal 3 hari, tapi malah sebaliknya. Kita bisa kena pungutan yang istilahnya "uang sukarela" yang harusnya sukarela tapi malah suka-suka mereka nentuinnya dan juga waktu pembuatan yang seharusnya singkat mereka buat ngaret ngga sesuai ketentuan.


Bagi sebagian besar orang datang ke instansi pemerintahan sama aja masuk ke peternakan lintah, sedot sana-sini. Rendahnya moral para "pengurus administrasi masyarakat" ini membuat sesuatu yang seharusnya gampang mereka buat jadi susah. Kalo ngga ada duit ngga bakal jalan, begitu kasarnya. Ngga hanya ngurus administrasi kependudukan, hal lain yang butuh "uang pelicin" adalah untuk ngurus surat kehilangan di kantor polisi. Buat dapetin surat laporan kehilangan, paling ngga kita harus ngeluarin "uang sukarela" minimal Rp.10.000,- . Kasus lainnya, kalo kita mau ngurus laporan kehilangan kendaraan biar tu motor atau mobil kita yang ilang diurus dan dilacak kemana ilangnya, kita minimal harus ngeluarin biaya Rp.500.000,- itupun belum tentu balik motor atau mobil kita. Gila bener cuma buat beli selembar kertas kita harus bayar segitu banyak.

Kejadian yang sering gue alamin tu tiap gue ngurus STNK, karena kebetulan STNK motor gue domisilinya Tangerang, dan gue domisili Bekasi jadi ngga ada biro jasa daerah Bekasi yang mau ngurus jauh-jauh dan terpaksa ngurus sendiri. :(
Setiap gue ngurus STNK pasti ada "jalan lainnya" karena petugasnya pasti bilang..."mau dibantu biar cepet?"... tiap gue taro berkas. Buat efisiensi waktu ya...gue manfaatin lahhh :D, itung-itung amal. Tapi emang ngga sedikit sih biaya yang dikeluarin.

Ada kejadian lucu yang pernah gue alamin masalah petugas yang korup. Gue pernah ditilang di daerah Jakarta Selatan, kejadiannya kira-kira setahun yang lalu waktu belum ada aturan lalu lintas yang baru. Emang waktu itu lagi ada razia yang lumayan besar. Polisinya hampir nutupin jalanan jadi agak merayap semua kendaraan yang lewat jalan situ.

"Tolong motornya dipinggirin pak.." kata polisi yang berhentiin gue.

"Oh iya pak.." sahut gue.

"Bisa perlihatkan surat-suratnya?" polisi.

"Sebentar pak..ada di dompet.." jawab gue sambil mikirin bakal kena berapa denda tilangnya, karena gue ngga punya SIM.

"SIMnya bisa tolong ditunjukan?" tanya lagi tu polisi abis gue kasih STNK sama KTM(Kartu Tanda Mahasiswa) gue doang. Maksud gue nunjukin KTM sih biar tau kalo gue mahasiswa, jadi biar ada pengertian dikit kalo gue mahasiswa. :D

"Ngga ada pak, saya belum punya...ngga punya duit buat bikinnya sih pak.." gue

"Wahhh...kamu kena denda besar nihhh, mau tilang atau sidang aja?" kata polisi sambil begaya mau nulis surat tilang (tau`lah gimana gaya polisi kalo mau nulis surat tilang).

"Tilang aja deh pak, ngga apa-apa" gue bilang gitu

"Oke, tapi daripada kamu kena denda gede-gede saya minta sukarela kamu aja buat anggota yang lain, itung-itung kamu ngga ngeluarin uang banyak" kata tu polisi sambil ngebujuk gue.

"Cadas gila ni polisi terang-terangan mintanya" kata gue dalem hati

"Gimana? atau mau sidang aja ya 2 minggu dari sekarang waktu sidangnya..." kata tu polisi ngancem

Gue pikir-pikir lagi bagusnya polisi gini dikerjain...

"Oke deh pak...tapi boleh saya foto bapak (sambil gue ngeluarin HP dari kantong celana) karena saya kebetulan lagi ikutan lomba jurnalis amatir, jadi saya ambil foto bapak buat artikel saya nanti" kata gue sambil agak gurau.

"Kamu wartawan juga ya?... jangan yah bisa kena sanksi dari komandan saya nanti, ini STNK kamu...silahkan lanjutkan perjalanannya" kata tu polisi sambil nyuruh gue jalan trus ngejauh dari gue.

Ckckckck...gila ya...ternyata yang preman ngga cuma begundal-begundal ngga jelas doang, tapi polisi juga bisa jadi tukang palak. Udah susah buat dibenahin emang moral para abdi negara ini kalo ngga diberesin dari akar-akarnya. Mentang-mentang masuknya susah dan butuh biaya besar buat jadi abdi negara, yang kena buat gantiin "usaha" mereka malah masyarakat. Kasarnya, "selagi udah bisa masuk kenapa ngga keruk sebanyak-banyaknya". Harusnya birokrasi kan memudahkan masyarakat, bukan menyusahkan masyarakat.

Kalo buat gue, nih salah satu abdi negara yang kerja di instansi kepolisian yang jujur :

Asik abis ini polisi...Hhahaha..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar